Senin, 13 Oktober 2014

Kebudayaan dan Keragaman Suku Betawi

Nama: Muhammad Yudhistira Kardin

NPM: 17114591
Kelas: 1KA05

Assalamualaikum Wr. Wb berhubung dengan berjalannya mata kuliah Ilmu Sosial Dasar saya ingin membuat tugas mata kuliah tersebut dengan kebudayaan yang saya miliki yaitu kebudayaan suku Betawi karena saya terlahir dikota Jakarta.

Walaupun dikenal sebagai kota metropolitan, Jakarta memiliki banyak kesenian dan kebudayaan yang ada didalamnya khususnya mereka yang asli berasal dari kota Jakarta atau suku Betawi. Jakarta memang sebagai ibukota dari Negara Indonesia namun Jakarta tidak akan pernah lepas dari kesenian dan kebudayaan yang ada dan menyangkut didalamnya. Saya akan mencoba untuk menjelaskan beberapa kesenian dan keanekaragaman budaya yang ada di Jakarta atau suku Betawi ini.

Kesenian dan Kebudayaan Betawi

Rumah Adat
Rumah adat asal betawi ini bernama rumah kebaya. Bentuk atapnya seperti perisai yang diteruskan dengan atap pelana yang lebih landai, terutama pada bagian teras. Bangunan yang berbentuk rumah panggung dan ada pula yang menapak diatas tanah dengan lantai yang ditinggikan.

Pakaian Adat
Pakaian adat Betawi dibagi menjadi dua yaitu untuk laki laki dan perempuan. Untuk laki laki menggunakan baju koko/muslim, celana batik, kain sarung yang diletakan dileher, peci hitam untuk kepala. Untuk perempuan menggunakan kebaya dengan menggunakan kain sarung batik dan biasanya menggunakan kerudung untuk penutup kepala.

Bela Diri
Betawi memiliki jenis bela diri tersendiri yang bernama Pencak Silat. Bela diri ini dimainkan oleh dua orang yang memainkan dengan menggunakan pakaian khas Betawi yaitu menggunakan baju koko/muslim bisa juga kaos putih polos, ikat pinggang khas Betawi serta menggunakan peci untuk penutup kepala. Bela diri ini biasanya dilestarikan dengan digunakan sebagai perlengkapan pada acara pernikahan atau pentas lainnya sehingga bela diri ini tidak akan terlupaka bagi warga sekitar dan suku Betawi.

Seni Musik
Ada beberapa ciri khas musik asal Betawi, diantaranya yaitu:
Gambang Kromong, kesenian musik ini merupakan perpaduan dari kesenian warga sekitar dengan warga Cina. Hal ini dapat dilihat dari instrumen musik yang digunakan menggunakan alat dari Cina yang bernama Kongahyan Tehyan dan Sukong. Sementara alat musik yang asli dari Betawi antara lain: gambang, kromong, gendang, kemor, gong, dan lain lain.

Seni Tari
Seni tari yang berasal dari Betawi diantaranya yaitu Tari Topeng. Tari ini dikenal sebagai tari tradisional asal Betawi. Dalam Topeng Betawi, para penari memakai topeng dan bercerita lewat seni gerak. Kini Tari Topeng Betawi sudah banyak dikembangkan di Jakarta sehingga tarian ini pun semakin beragam.

Makanan Khas Betawi
Makanan khas Betawi antara lain: kerak telor, kue rangi, kue ongol ongol.
1. Kerak Telor
Kerak telor merupakan salah satu makan khas Betawi, makanan ini dibuat dari bahan bahan seperti beras ketan putih, telur ayam atau telur bebek, ebi (udang kering), parutan kelapa yang disangrai kering, serta bawang goreng, cabai merah, jahe, kencur, merica, garam, dan gula putih.
2. Kue Rangi
Kue Rangi atau sagu rangi terbuat dari tepung keranji yang dicampur dengan kelapa diparut kasar. Kue rangi adalah salah satu makanan khas Betawa yang sekarang sulit ditemukan, namun ada beberapa restoran yang menjual kue rangi untuk melestarikan kebudayaan khas Betawi. Tepung kanji dan parutan kelapa adalah bahan dasar pembuatan kue rangi. Rasanya gurih karena mengandung parutan kelapa dan juga manis karena dipermukaan kue tersebut ditaburi gula merah. Aromanya harum dan menggugah selera.
3. Kue Ongol Ongol
Kue ongol ongol adalah salah satu khas Betawi yang cukup menggugah selera. Bahan dasarnya sederhana, mudah didapat, dan tentunya mudah untuk dibuat. Bahan dasarnya berupa tepung sagu. Kue ini sangat cocok untuk menu sarapan pagi, disertai dengan segelas kopi panas yang akan menambahkan kenikmatan dari makanan tersebut. Kapan pun juga kita bisa mencicipi kue tersebut diwaktu yang lain seperti siang hari, sore hari, maupun malam hari.



Sumber:
http://khantydwi.blogspot.com/2013/05/kesenian-dan-kebudayaan-jakarta-betawi.html
http://ajigunawan.wordpress.com/2013/02/10/makanan-khas-betawi/

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Bacot anjing asu judi haram

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Yudhistira's | Bloggerized by Casper - Software Engineering | SMK Negeri 10 Jakarta